Kamis, 04 Oktober 2012

Cara Mengenali Potensi Diri


Potensi diri meliputi beberapa hal diantaranya adalah kemampuan umum ( IQ), bakat, minat, dan juga kepribadian. Dibawah ini adalah uraian singkat tentang hal-hal diatas.
~ Kemampuan Umum ( IQ)
Meskipun hal ini bukanlah faktor penentu utama namun setidaknya hal ini harus diketahui. Kemampuan umum ini adalah suatu potensi kecerdasan seseorang yang dapat dijadikan tolak ukur dalam keberhasilan. Namun hasil pemeriksaan psikologi ini merupakan hasil potensial dan tidak mutlak menentukan berhasil atau gagalnya seseorang.
Berikut ini adalah tabel tentang IQ.
No
IQ
Keterangan
1.
130 >
Jauh diatas rata-rata
2.
110-119
Di atas rata-rata
3.
90-109
Rata-Rata
4.
80-89
Di bawah rata-rata
5.
< 80
Jauh dibawah rata-rata

Ada delapan delapan jenis kecerdasan manusia, yaitu :
::Kecerdasan Linguistik ( Word Smart )
Kecerdasan menggunakan bahasa secara efektif baik melalui lisan maupun tulisan. Orang yang mempunyai kemampuan ini juga pandai untuk memanipulasi tata bahasa, bunyi bahasa makna sehingga mampu menyusun kata atau kalimat dengan baik dan indah. Presenter, penulis buku, atau novelis  itu bisa menjadi pilihan buat karir Kamu.
::Kecerdasan Kinestesis ( Body Smart )
Kecerdasan untuk mengendalikan gerakan, keseimbangan, koordinasi, dan ketangkasan bagian tubuh. Orang yang mempunyai kecerdasan ini pandai menggunakan seluruh tubuh untuk mengekspresikahn ide atau perasaan, dan keterampilan. Orang yang mmepunyai kecerdasan ini sangat menyukai olahraga.  Atlet bisa menjadi salah satu pilihan karir Kamu yang mempunyai kecerdasan ini.
:: Kecerdasan musik ( Music Smart )
Kecerdasan untuk menikmati, mengamati, membedakan, mengarang, membentuk dan mengekspresikan bentuk-bentuk musik. Musisi bisa menjadi salah satu karir Kamu.
::Kecerdasan naturalis ( Nature Smart )
Kecerdasan mengenali dan mengategorikan spesies di lingkungan sekitar. Lrbih suka bepergiaan dan lebih suka segala macam kegiatan luar ruang. Intinya adalah kemampuan manusia untuk mengenali tanaman, hewan dan bagian lain dari alam. Menjadi pakar  Botani bisa menjadi salah satu pilihan karir Kamu.
::Kecerdasan interpersonal  ( People Smart )
Kecerdasan membaca dan membedakan suasana hati, maksud, motivasi, dan perasaan orang lain. Karena itu orang yang mempunyai kecerdasan ini peka terhadap raut wajah,  suara, dan gerakan tubuh orang lain. Orang yang mempunyai kecerdasan ini bisa menjadi tempat curhat yang baik.
::Kecerdasan intrapersonal ( Self  Smart )
Kemampuan memahami diri sendiri dan bertindak beradasarkan pemahaman tersebut. Kepekaan terhadap suasana hati, keinginan, kemampuan, berdisiplin diri, memahami, dan orang yang mempunyai kecerdasan ini sangat menghargai nilai, moral dan etika.
::Kecerdasan matematis ( Logis Smart )
Kecerdasan menggunakan angka dengan baik, melakukan penalaran dengan benar, kepekaan pada pola dan hubungan antar hal, fungsi logis dan abstraksi lain. Orang yang memiliki kecerdasan ini memiliki kemampuan analisis yang kuat dan dapat berpikir secara teratur dan biasanya pola pikirnya cenderung kaku. Proses yang digunakan dalam kecerdasan ini antara lain pengelompokan sesuatu (katagerisasi), pemisahan, pengambilan kesimpulan, generalisasi, penghitungan, dan pengujian hipotesis.  Orang yang mempunyai kecerdasan ini termasuk kedalam orang yang memiliki kepribadian realitis dan selalu mencari jawaban atas berbagai pertanyaan dan juga cenderung mencari alasan terhadap segala sesuatu.
::Kecerdasan spasial ( Picture Smart )
Kecerdasan ini meliputi kepekaan pada warna, garis, bentuk, ruang, dan hubungan antar unsur. Orang yang mempunyai kecerdasan ini sangat mudah mengingat gambar dan memiliki imajinasi yang sangat kuat. Mata dari orang yang memiliki kecerdasan ini biasanya peka atau jeli untuk menangkap hal-hal yang tidak dilihat oleh orang lain.
~ Bakat
Bakat bukanlah bawaan atau turunan karena itulah bakat akan berkembang bila mana memperoleh kesempatan untuk berkembang. Tes bakat dibagi dalam berbagai bidang antara lain :
:: Bakat untuk berpikir dan memecahkan masalah dalam bentuk kata-kata ( Verbal).
:: Bakat untuk berpikir dan memecahkan masalah dalam bentuk angka-angka (Numerik).
:: Bakat untuk berpikir dan memecahkan maslah dengan menggunakan diagram, pola dan rancangan ( Abstrak).
:: Bakat yang mampu memvisualkan, mengamati, membentuk gambaran mental dari objek-objek dengan melihat pola dua dimensi, dan berpikir dalam tiga dimensi ( Relasi Ruang).
:: Bakat seberapa cepat dan teliti dalam menyelesaikan tugas-tugas menulis ( Kecepatan dan ketelitian klerikal ).
:: Bakat tentang seberapa baik pengertian dan keterampilan seseorang mengenal ejaan yang betul dan salah dalam bahasa Indonesia.
:: Bakat tentang seberapa baik seseorang mempunyai kemampuan mendengarkan, berbicara, dan membuat penalaran analitis tentang bahasa.
~ Minat
Minat merupakan sifat yang relatif menetap pada diri seseorang dan secara bahasa minat berarti berarti kecenderungan hati yang tinggi terhadap sesuatu.
No
Minat
Keterangan
1.
Alam Sekitar
Minat terhadap pekerjaan-pekerjaan yang berhubungan dengan alam, bintang dan tumbuhan.
2.
Mekanis
Minat terhadap pekerjaan yang berkaitan dengan mesin atau alat teknis.
3.
Hitung Menghitung
Minat terhadap pekerjaan yang berkaitan dengan hitung menghitung.
4.
Pengetahuan
 Minat untuk menemukan fakta-fakta baru dan pemecahan problem.
5.
Persuasif
Minat terhadap pekerjaan yang berhubungan dengan mempengaruhi orang lain.
6.
Seni
Minat terhadap pekerjaan yang berhubungan dengan kreasi tangan, kesenian dan kerajinan.
7.
Literer
Minat yang berhubungan dengan masalah membaca dan menulis berbagai karangan.
8.
Musik
Minat terhadap masalah-masalah musik, seperti memainkan alat musik.

~ Kepribadian
Kepribadian adalah organisasi yang dinamis dalam diri individu. Kepribadian terbagi kedalam :

:: Realistis
Orang yang mempunyai kepribadian ini adalah tipe orang yang senang dengan hasil akhir. Orang yang realistis adalah orang yang menyukai tantangan dan masalah yang harus dipecahkan. Orang realistis lebih suka bekerja di luar ruangan, bekerja dengan mesin-mesin, alat-alat berat dan perhiasan.
:: Intelektual
Orang yang mempunyai kepribadian ini adalah tipe orang yang lebih sennag menggunakan logika dari pada imajinasi, menyelesaikan masalah dan misteri, menyatukan hal-hal yang tercerai berai seperti puzzle, presisi, dan ilmu pasti. Orang yang mempunyai kepribadian ini senang bekerja sendiri karena dia senang menyelidiki sesuatu.
:: Sosialis
Orang yang mempunyai kepribadian ini adalah tipe orang yang pandai berkomunikasi dan merasa nyaman dalam berinteraksi dengan orang lain. Orang yang mempunyai kepribadian ini senang membantu orang lain dan bekerja di dalam tim. Orang sosialis lebih baik bicara dengan orang lain ketimbang bekerja dengan mesin atau data.
:: Konvensional
Orang yang mempunyai kepribadian tipe ini lebih senang bekerja dengan detail dan data ketimbang harus mengutarakan ide atau gagasan. Mereka sangat menyenangi segala hal yang konvensional seperti atuan, prosedur, jadwal dan intruksi. Senang dengan rutinitas, urutan, dan segala keteraturan.
:: Usaha
Orang yang mempunyai kepribadian ini adalah tipe orang yang jeli melihat sebuah hasil kerja dari awal hingga akhir khususnya yang berhubungan dengan bisnis. Wirausahawan adalah termasuk tipe pelaku, bukan pemikir dan lebih senang melihat gambaran besar daripada gambar-gambar kecil yang justru sebagai fondasi awalnya.
:: Aristik
Orang yang mempunyai kepribadian ini adalah makhluk kreatif karena mereka memiliki imajinasi yang snagat luas. Senang mengekspresikan dirinya melalui sebuah karya. Orang yang mempunyai kepribadian ini lebih nyaman bekerja tanpa aturan, dan senang bekerja berkaitan dengan bentuk, desain, warna, kata, dan pola.
Secara Umum kepribadian manusia  menurut temperamennya (Hipocrates)  dibagi empat yaitu bisa dilihat di dalam tabel dibawah ini:
No
Kepribadian
Kelebihan
Kekurangan
1.
Sanguin
Banyak bicara, ramah, bersemangat, antusias, supel, gampang jatuh kasihan,  dan periang.

Lemah kemauan, tidak tenang, tidak disiplin, gelisah, tidak dapat diandalkan, egosentris, bising, dan berlebih-lebihan.

2.
Kolerik
Berkemauan keras, tekun, berjiwa bebas, optimistis, praktis, produktif, tegas, dan pemimpin.

Peramah lalim, sarkastis, menguasai,
tidak acuh, bangga, puas diri, tidak berperasaan, dan licik.
3.
Melankolik
Berbakat, cermat, peka,
perfeksionis, suka keindahan, idealistis, dan
setia.

Egosentris, pemurung, pesimistis, teoritis, tidak praktis, tidak ramah, dan  pendendam.

4.
Flegmatik
Tenang, lembut hati,
dapat diandalkan, konservatif, praktis, pemimpin, dan  efisien.
Kikir, penakut, tidak tegas, penonton, suka melindungi diri sendiri, dan egois.

By(_*Siti Rulia*_)
Sumber : Drs. Daryani Rimayanti, S.Pd. Modul Bimbingan Konseling Untuk Semester Gasal SMA / MA Kelas XII. CV. Hayati Tumbuh Subur. Surakarta.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar